Rabu, 09 November 2011

Sejarah dan Tokoh Penemu Web Browser dan Search Engine

1.Internet Explorer

Windows Internet Explorer (sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE) didirikan oleh William Henry Gates III. Microsoft internet explorer adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus! for Windows 95 (Inggris) pada saat itu.

Internet Explorer digunakan secara luas sejak tahun 1999, meliputi 95% dari keseluruhan penggunaan peramban web selama tahun 2002 hingga tahun 2003 dengan Internet Explorer 5 dan Internet Explorer 6. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan kompetisi peramban web, dan kini meliputi 55,92%. Microsoft telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer di tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya.

Sejak rilis pertamanya, Microsoft telah menambahkan fitur dan teknologi seperti penampilan tabel dasar (di versi 1.5), XMLHttpRequest (Inggris) (di versi 5) yang membantu pembuatan halaman web, dan Nama Domain yang Terinternasionalisasi (di versi 7) yang memungkinkan situs web yang menggunakan alamat berkarakter non-Latin (seperti karakter Kanji) diketikkan secara normal pada address bar Internet Explorer.

Rilis stabil Internet Explorer paling baru adalah Internet Explorer 9, yang tersedia sebagai pembaharuan gratis bagi Windows 7, Windows Vista, dan Windows Server 2008.

Proyek Internet Explorer telah dimulai sejak musim panas tahun 1994 oleh Thomas Reardon yang menggunakan kode sumber dari Spyglass, Inc. Mosaic, sebuah peramban web komersil baru. Di akhir 1994, Microsoft melisensikan Spyglass Mosaic.

2.Mozilla Firefox

SEJARAH BERDIRINYA MOZILLA FIREFOX

Blake Aaron Ross adalah pemuda jenius yang menciptakan mozilla yaitu fasilitas penjelajah internet, mozilla di luncurkan untuk umum pada November 2004, saat itu usia Blake baru 19
tahun. mozilla kemudian digabungkan dengan firefox, progran yang diciptakan bersama Dave
Hyatt, maka setelah itu namanya menjadi mozilla firefox. dan dengan cepat mozilla firefox diterima para pengguna internet di dunia karena dinilai lebih aman dan mudah digunakan
(dibandingkan dengan para kompetitornya) ia juga dinilai mampu merebut sebagian pasar
fasilitas penjelajah internet yang selama ini di kuasai oleh Microsoft Internet Explorer.

Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Mozilla Firefox sekarang telah sampai ke versi 3.7. Pada versi ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan “crash” jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki.
dalam versi ini mozilla firefox 3.7 sudah mengalami banyak perbaikan. bahkan, pesaing utama web browser ini yaitu internet explorer (IE) sudah mulai kehilangan para penggunanya dan berpindah ke browser mozilla. Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di peramban-peramban web lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan peramban web pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer keluaran Microsoft (peramban web terpopuler dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya perang peramban web.
Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting. Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan.
Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah peramban web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis peramban web resmi Yayasan Mozilla. Versi 2.0 diluncurkan pada 24 Oktober 2006. Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan "crash" jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki. Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008.

3.Opera

Pendiri browser Opera adalah Jon Stephenson von Tetzchner, Opera adalah peramban web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.
Opera dikenal karena memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh pramban web lainnya. Meskipun memiliki berbagai kelebihan, Opera hanya mendapat sebagian kecil pangsa pasar peramban komputer pribadi di seluruh dunia. Namun, Opera memiliki pangsa pasar yang lebih besar pada perangkat mobile seperti ponsel, ponsel pintar, dan personal digital assistant. Berbagai edisi Opera dapat digunakan untuk perangkat yang menggunakan Maemo, BlackBerry, Symbian, Windows Mobile, Android, dan sistem operasi iPhone, serta Java ME. Sekitar 120 juta ponsel telah dipasarkan dengan browser Opera di dalamnya. Opera adalah satu-satunya penjelajah web komersial yang tersedia untuk Nintendo DS dan Wii. Beberapa televisi memiliki browser Opera dalam set-top box atau kotak pengaturannya. Adobe Systems memiliki lisensi teknologi Opera untuk digunakan dalam Adobe Creative Suite. Opera mulai dibuat pada tahun 1994 sebagai sebuah proyek penelitian Telenor, perusahaan telekomunikasi terbesar di Norwegia. Pada tahun 1995, Telanor bercabang menjadi perusahaan yang terpisah bernama Opera Software ASA. Opera pertama kali diluncurkan dengan versi 2.0 pada tahun 1996, yang hanya beroperasi pada Microsoft Windows. Dalam upaya untuk memanfaatkan munculnya pasar untuk perangkat genggam yang terhubung dengan internet, sebuah proyek untuk mengintegrasikan Opera ke platform perangkat mobile dimulai pada tahun 1998. Opera 4.0, yang dirilis pada tahun 2000, menampilkan core cross-platform baru yang memfasilitasi pembuatan versi Opera untuk beberapa sistem operasi dan platform. Sampai saat itu, Opera adalah Perangkat lunak uji coba dan harus dibeli setelah masa percobaan berakhir. Versi 5.0 (dirilis pada tahun 2000) merupakan versi trialware yang terakhir. Setelah itu, Opera disponsori oleh iklan, menampilkan iklan kepada pengguna yang membayarnya.[13] Versi Opera selanjutnya memberikan pada pengguna pilihan untuk melihat iklan banner atau iklan teks yang ditargetkan dari Google. Pada versi 8.5 (dirilis tahun 2005) iklan telah dihapus seluruhnya dan dukungan finansial utama untuk Opera datang melalui Google (dengan adanya kontrak untuk Google sebagai mesin pencari untuk Opera). Dalam versi 9.1 (dirilis tahun 2006), fitur-fitur baru yang diperkenalkan adalah pelindung penipuan (fraud protection) yang menggunakan teknologi dari GeoTrust, penyedia sertifikat digital, dan PhishTank, sebuah organisasi yang dikenal dapat melacak situs web phishing. Fitur ini ditingkatkan dan dikembangkan dalam versi 9.5, ketika GeoTrust digantikan dengan Netcraft, dan perlindungan malware dari Haute Secure telah ditambahkan.
Tahun 2006, Opera dibuat dan dirilis untuk Nintendo DS dan Nintendo Wii. Opera untuk Wii, yang disebut channel internet, dirilis tanggal 12 April 2007 dan bebas untuk diunduh sampai 30 Juni 2007. Setelah tanggal itu, pengguna harus membayar 500 Wii Points (sekitar 5 US$) untuk mengunduhnya. Pada tanggal 2 September 2009, Opera kembali gratis untuk diunduh. Pengguna yang sebelumnya membayar untuk mengunduh, ditawarkan permainan NES pilihan mereka dengan nilai yang sama. Di Nintendo DS Browser, Opera tidak gratis, tetapi dijual sebagai physical DS game cartridge. DSi memiliki saluran internet yang dapat diunduh secara gratis dari toko DSi. Sebuah mesin JavaScript baru yang disebut Carakan, dinamai sesuai aksara Jawa, ditampilkan dalam versi 10.50. Menurut Opera Software, Carakan tujuh kali lebih cepat di SunSpider daripada Opera 10.10 dengan Futhark pada Windows. Pernyataan itu juga, kurang lebih dikonfirmasi oleh pihak-pihak lain setelah rilis resmi pra-alpha pada Desember 2009. Diperkenalkan pula vector graphics library milik Opera yang bernama Vega, yang mampu menangani semua penerjemahan/rendering browser. Hal ini memungkinkan penerjemahan kode platform yang spesifik, agar kode tersebut menjadi kode yang sesuai untuk Vega, sehingga membuatnya lebih mudah untuk mengatur seluruh platform. Hal itu membantu implementasi Opera untuk penggunaan properti canggih CSS3, seperti background dan borders; dan juga memungkinkan akselerasi hardware dengan optional OpenGL dan Direct3D backends. Pada rilis pertama Opera 10.50, versi tersebut mulanya ditujukan untuk Windows saja. Lalu, Opera untuk Mac hadir dalam versi 10.50. Versi terbaru Opera, yakni 10.60, dirilis pada awal Juli 2010.

4. Google Chrome

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford. Google mengeluarkan browser terbaru yang diberi nama Google Chrome. Kenapa Google meluncurkan Google Chrome? Sebab mereka percaya, bahwa mereka dapat menambahkan nilai untuk para pemakai internet dan, pada waktu yang sama, mereka memberikan inovasi pada web browser.
Para ahli yang ada di Google sering meluangkan waktu mereka untuk bercakap – cakap, e-mail dan saling berhubungan dengan para teman – teman. Karena mereka sering menggunakan internet, mereka mulai serius berpikir untuk membuat sebuah browser dan membangun semua unsur – unsur terbaik di sana. Kita menyadari bahwa web telah meningkat dari halaman teks sederhana ke aplikasi yang interaktif. Apa yang benar – benar kita perlukan bukan hanya suatu browser, tetapi juga suatu platform modern untuk halaman web dan aplikasi, dan sejak itulah Google mulai membangun browser itu.
Ini baru sebuah permulaan. Google Chrome adalah masih jauh dari sempurna. Mereka meluncurkan versi beta ini untuk Windows, dan mulai di diskusikan untuk lebih luas lagi. Mereka bekerja keras di tempat mereka bekerja untuk membangun versi Mac dan Linux juga, dan akan melanjutkan untuk membuat lebih sempurna dan lebih cepat lagi.
Suatu web akan menjadi lebih baik lagi dengan lebih banyaknya pilihan dan inovasi. Salah satunya adalah Google Chrome, dan mereka akan selalu berkontribusi untuk membuat web menjadi labih baik lagi kelak.

5. Safari

Sampai tahun 1997, Apple Macintosh memakai Netscape Navigator saja. Internet Explorer untuk Mac baru disertakan pada Mac OS 8,1 dan seterusnya sebagai default web browser, sebagai bagian dari lima tahun perjanjian antara Apple dan Microsoft. Microsoft merilis tiga besar versi Internet Explorer untuk Mac yang digabungkan dengan Mac OS 8 dan Mac OS 9. Microsoft selanjutnya merilis untuk Mac OS X edisi Internet Explorer 5, yang
dimasukkan sebagai browser default di semua rilis Mac OS X dari Mac OS X DP4 sampai Mac OS X v10.2.

Pada tanggal 7 Januari, 2003, Steve Jobs mengumumkan bahwa Apple telah mengembangkan sendiri web berdasarkan KHTML rendering mesin, yang dinamakan Safari. Mereka merilis versi beta pertama pada hari itu dan diikuti sejumlah versi beta lainnya, sampai versi 1,0 dirilis pada 23 Juni 2003. Pada awalnya tersedia sebagai download terpisah, tetapi pada 24 Oktober 2003 disertakan dengan Mac OS X v10.3 sebagai default browser, dan Internet Explorer disertakan hanya sebagai alternatif browser. Sejak rilis Mac OS X v10.4 pada 29 April 2005, Safari adalah satu-satunya web browser disertakan dengan sistem operasi.

Pada bulan Juni 2005, setelah beberapa kritikan dari KHTML pengembang atas kurangnya akses untuk mengubah log, Apple menfokuskan pengembangan pada sumber dan kode pelacakan bug dari WebCore dan JavaScriptCore ke OpenDarwin.org. WebKit sendiri juga dirilis sebagai open source. Kode sumber untuk non-renderer aspek browser, seperti GUI elemen, tetap eksklusif.

Dari Safari versi 2.0, dirilis pada 29 April 2005 dan berjalan hanya pada Mac OS X 10.4.x (Tiger) atau yang lebih baru, versi ini adalah sebagai touted oleh Apple yang memiliki kecepatan 1,8 kali lebih meningkatkan versi 1.2.4.

Pada bulan April 2005, Dave Hyatt, salah satu pengembang Safari di Apple, mengatakan didokumentasikannya kemajuan fixing bug di Safari membuat browser ini berhak lulus tes Acid2. Pada tanggal 27 April 2005, ia mengumumkan bahwa pembangunan Safari lulus tes. Pada 31 Oktober 2005, Apple merilis versi 2.0.2 dari Safari yang meliputi perbaikan bug Acid2.

Pada tanggal 9 Januari 2007, secara resmi mengumumkan Jobs dari Apple iPhone, yang menggunakan sebuah versi yang dikenal sebagai browser Safari MobileSafari. Sekarang ini memiliki mesin yang sama javascript (Nitro) sebagai desktop di banding hanya 3,0 iPhone.

Pada 12 Juni 2009 lalu Apple mengumumkan bahwa Safari 4, web browser terbaru mereka, telah diunduh lebih dari 11 juta kopi hanya dalam 3 hari pertama setelah peluncurannya dan 6 juta kopi diantara 11 juta kopi tersebut adalah pengunduhan Safari untuk operating system (OS) Windows.

Fitur-fitur baru (di Safari 4)

1. Top Sites

Tampilan dari halaman-halaman yang sering kita kunjungi, yang disajikan dalam wall of previews sehingga pengguna dapat langsung masuk ke situs favorit hanya dengan sekali klik. Apple juga memberikan efek lengkung dalam fitur ini yang membuat tampilannya tidak membosankan seperti kebanyakan browser lainnya.

2. Full History Search

Seperti namanya fitur ini dapat digunakan untuk mencari history petualangan kita mengunjungi website melalui judul, alamat web dan teks komplit dari halaman yang baru saja dikunjungi, sehingga mempermudah saat ingin kembali ke situs yang sudah dilihat sebelumnya.

3. Cover Flow

Penggunaan Cover Flow untuk bookmark situs web yang memungkinkan anda untuk melihat dan mem-flip situs web dengan mudah, semudah melakukannya seperti album art flip pada iTunes. Cover Flow menunjukkan bookmarks dan histori kunjungan situs web sebagai preview dalam bentuk gambaran grafis yang elegan dan berkelas. Untuk memilih dan mengunjungi situs web lewat Cover Flow, cukup klik sekali saja.

4. Tabs on Top

Untuk tabbed browsing yang lebih mudah dengan drag-and-drop tab management tools dan tombol intuitif untuk membuka halaman yang baru. Awalnya memang agak aneh juga karena tabnya berada di atas tapi lama kelamaan juga akhirnya terasa juga fungsi dan kemudahannya.

5. Smart Address Field

Fitur ini sudah ada di browser lain yaitu fitur yang secara otomatis menyelesaikan alamat web dengan menampilkan daftar saran-saran yang mudah dibaca dari Top Sites, bookmarks dan riwayat browser.

6. Smart Search Field

Dimana pengguna menyempurnakan pencarian dengan rekomendasi dari Google Suggest atau dari daftar pencarian yang terbaru.

7. Full Page Zoom

Untuk tampilan lebih dekat semua situs tanpa menurunkan kualitas dari tampilan halaman maupun teks.

8. Built-in

Alat pengembangan web untuk debug, tweak dan pengoptimalan website untuk penampilan terbaik dan compatibility.

9. Nitro JavaScript Engine

Safari 4 memperkenalkan mesin Nitro JavaScript, sebuah mesin bytecode JavaScript termutakhir yang pernah ada. Nitro JavaScript adalah rahasia utama mengapa Safari 4 sangat cepat. Dengan Nitro JavaScript ini, Safari 4 mengeksekusi JavaScript hingga 6 kali lebih cepat dibandingkan dengan Microsoft Internet Explorer 8, dan 4 kali lebih cepat dibandingkan dengan Mozilla Firefox 3.

10. CSS

Safari sebagai pionir efek CSS atau Cascading Style Sheets, akan membantu para developer web untuk dapat memperindah halaman web dengan mengatur gambar atau foto dengan gradients yang menarik, masks yang tajam dan tepat serta refleksi halaman web yang mengagumkan dengan hanya menggunakan beberapa baris proses coding.

6. Netscape Navigator

Netscape NavigatorNetscape Navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyakdigunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh NetscapeCorporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebihbaik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscapetersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, sertaMacintosh.Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic WebBrowser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuatNCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Selain tersedia dalam bentukNetscape Navigator, Netscape juga mengeluarkan paket suite Internet, yang disebut sebagaiNetscape Communicator, yang menggabungkan Navigator, klien e-mail, editor halaman web,dan aplikasi lainnya.Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL), dan proyek Geckoyang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat terbuka kode sumbernya (open source) setelahNetscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigatoradalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozilla Firefox.Netscape Navigator merupakan web browser yang stabil jika digunakan untuk surfing, browsing,upload dan download, hanya saja secara GUI (Graphical User Interface) web browser ini kurangbagus (kasar). Netscape Navigator merupakan web browser yang dikomersilkan pada saat itu,web browser ini mulai mengalami kehilangan peminat/penggunanya pada saat IE mulai terpasang secara default ketika menginstall Microsoft Windows.selain tersedia dalam bentuk Netscape Navigator, Netscape juga mengeluarkan paket suite Internet, yang disebut sebagai Netscape Communicator, yang menggabungkan Navigator, klien e-mail, editor halaman web, dan aplikasi lainnya.

Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL), dan proyek Gecko yang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat kode sumber terbukanya setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah peramban web yang merupakan gagasan bagi peramban Mozilla Firefox.

Seiring berjalannya waktu, program perangkat lunak browser Netscape tenggelam dengan lahirnya banyak browserbaru. Selain ukuran file nya lebih besar, netscape dianggap agak berat menampilkan web dibanding pesaingutamanya microsoft internet explore.

Marc Andreessen adalah tokoh utama dalam kisah Netscape. Dia adalah salah seorang pendiri NetscapeCommunications Corporation dan juga merupakan co-author dari Musa di National Center for Super komputasiAplikasi. He graduated in 1993. Ia lulus pada tahun 1993 dan tidak lama kemudian pindah ke Integrasi Teknologi dimana ia bertemu Jim Clark, pendiri Silicon grafis. Jim Clark keyakinan bahwa Musa telah fantastis Browserkomersial dan karenanya memberikan dana awal untuk mendapatkannya dan berjalan. Dia cepat menjadi VicePresident dari Mosaic Communications Corporation yang terletak di Mountain View California.Pada bulan Januari 1998, Netscape membuat pengumuman bahwa browser mereka setelah itu akan menjadi

bebas, dan juga bahwa pengembangan browser akan pindah ke sebuah proses sumber-terbuka. Ini datang sebagaiberita bagus bagi banyak di Internet. Tapi waktu antara pengumuman ini, dan yang sebenarnya Mozilla 1,0pengiriman akan jalan panjang (lebih dari 4 tahun.) Proses akhirnya mengambil lebih lama daripada yangdiantisipasi, apa dengan Netscape / AOL merger dan jam akhir keputusan untuk mengintegrasikan yang sama sekalibaru generasi berikutnya mesin rendering HTML. Netscape terbagi menjadi beberapa versi, yaitu :

1. Netscape 5.0

2. Netscape 6

3. Netscape 7

4. Natscape 8

5. Netscape 9

SEARCH ENGINE

Sejarah Lahirnya Search Engine (Mesin Pencari)
Perkembangan search engine berawal dari diciptakannya perangkat lunak yang bernama Archie oleh Alan Emtage, seorang mahasiswa dari Universitas McGill, Montreal, Kanada, pada tahun 1990. Perangkat lunak Archie mampu mengindex file-file terdapat pada FTP server publik. Ini merupakan aplikasi pertama yang digunakan untuk mencari informasi di internet, sehingga Archie dinobatkan sebagai nenek moyang dari search engine.
Search engine berikutnya adalah Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) dan Jughead (Jonzy's Universal Gopher Hierarchy Excavation And Display), yang mampu mengindex halaman-halaman plain text yang terdapat pada server gopher.
World Wide Web Wanderer merupakan aplikasi search engine pertama yang menggunakan teknologi robot dalam melakukan proses indeks halaman-halaman web yang terdapat pada web server. Aplikasi ini dirintis oleh Matthew Gray, seorang mahasiswa dari MIT, namun sayang, aplikasi ini menimbulkan kontroversi, karena akibat dari kinerja robot ini menghabiskan bandwith yang sangat besar.
Berikutnya, pada tahun 1993, Martijn Koster membuat ALIWEB (Archie-Like Indexing of the Web). ALIWEB mengizinkan pengguna internet untuk men-submit halaman webnya untuk di indeks dengan teknologi kumpulan meta-data
Aplikasi-aplikasi diataslah yang menginspirasi lahirnya teknologi-teknologi search engine yang baru, mulai dari munculnya website search engine webcrawler, yahoo, lycos, altavista, excite, hotbot, alltheweb, google, baidu dan banyak lagi yang lainnya.
Search Engine / Mesin pencari
Internet merupakan gudang segala jenis informasi yang tidak terbatas. Beragam informasi disimpan di internet. Informasi yang begitu lengkap dan sangat banyak memberi keuntungan, sehingga kita bisa mendapatkan informasi apapun yang kita butuhkan. Namun di satu sisi, beragamnya informasi dalam jumlah yang sangat banyak memberi kesulitan dalam mencari halaman tertentu.
Untuk memecahkan masalah tersebut, dibuatlah program untuk memudahkan kita mencari halaman di internet. Program tesebut dikenal dengan nama mesin pencari atau search engine.
Mesin pencari adalah sebuah program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di internet. Mesin pencari mempunyai sebuah database yang memuat semua item yang terdapat di internet dan halaman-halaman web yang menyimpan informasi yang berhubungan dengan item-item tersebut.
Mesin pencari mempunyai metode pencarian tertentu yang sering disebut alogaritma pencarian. Kecepatan dan ketepatan pencarian sebuah mesin pencari sangat tergantung kepada cara pengindex-an dan alogaritma pencarian yang digunakan.
Umumnya, struktur dasar sebuah mesin pencari adalh sebagai berikut.
1. kotak teks pencarian digunakan sebagai tempat untuk memasukan kata kunci yang akan dijadikan sebagai acuan pencarian
2. tombol pencarian utuk menjalankan perintah pencarian.
Informasi di internet setiap saat akan terus berubah dan bertambah. Oleh karena itu sebuah mesin pencari harus terus memperbaharui database yang dimilikinya. Untuk melakukan hal ini mesin pencari dilengkapi sebuah program yang berjalan seperti robot. Disebut robot karena dia dapat bekerja sendiri tanpa harus dijalankan atau diperintahkan terlebih dahulu.program tersebut disebut dengan spider, bot, atau crawler. Setiap selang waktu tertentu, program “robot”tersebut akan menjelajahi intrnet, membaca dokumen-dokumen yang ada di internet, meringkasnya, dan kemiudia menyimpan di database dengan menggunakan system pengindex-an.
Ada beberapa kriteria yang bisa dgunakan untuk menentukan sebuah mesin pencari yang bagus dan handal, yaitu :
1. mempunyai database yang besar dan sering diperbaharui.
2. tidak memiliki spam dan memberikan hasil pencarian yang relevan.
3. mempunyai kecerdasan buatan yang baik, sehigga mengerti dan dapat memperkirakan apa yang dicari oleh penggunanya.
Selain itu kita perlu mengetahui cara kerja mesin pencari yang digunakan, sehingga kita bisa mengeksploitasi kelebihan mesin pencari tersebut. Saat ini ada banyak website yang menyediakan mesin pencari. Berikut adalah beberapa search engine / mesin pencari yang terkenal dan banyak digunakan oleh orang diseluruh dunia.


  • Altavista
    Altavista di keluarkan Desember 1995 oleh Digital Equipment Corporation’s (DEC). Altavista merupakan mesin pencari yang didirikan oleh digital corp. altavista mempunyai kelebihan dalam pencarian canggih (anvanced search) dengan menggunakan operator Boolean AND, OR,(), NOT, NEAR, “, dan *. Kelebihan ini akan mempermudah kita untuk mencari informasi yang lebih spesifik. Altavista merupakan versi pertama ‘Google’ sekitar pada tahun 2000 an, mesikipun kepopuleran sekarang dikuasai Google dan Yahoo. Situs ini masih tetap mempunyai tingkat kunjungan yang tinggi.
    Submit URL : http://www.altavista.com/


  • Alltheweb
    Alltheweb adalah salah satu search engine yang tergabung dalam jaringan Yahoo. Alltheweb bergabung dengan yahoo pada 25 maret 2004. Alltheweb bisa menjadi salah satu search engine pilihan, pencarian alltheweb meliputi : news, picture, video/audio.
    Submit URL : http://www.alltheweb.com/


  • AOL
    AOL didirikan pada tahun 1983 dengan nama Control Video Corporation (CVC). AOL mempunyai dua URL untuk melayani pencarian pada situs mereka, yaitu aolsearch.aol.com khusus untuk internal dan search.aol.com untuk eksternal. Metode pencariannya berbasis Google, jadi antara Google dan AOL akan menghasilkan data yang mirip dalam proses pencarian.
    Submit URL : http://www.aol.com/


  • Ask
    Ask didirikan tahun 2000 oleh tim Profesor Apostolos Gerasoulis dari Universitas Rutgers, New Jersey. Ask waktu itu terkenal degan ketepatan link algoritma-nya, yang digunakan pada subyek tertentu di halaman web, sehingga dapat digunakan untuk menganalisis peringkat web. Semakin tinggi peringkat web, maka semakin banyak pula link dari halaman lain di halaman web tersebut.
    Submit URL : http://www.ask.com/


  • Bing
    Bing merupakan mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu :
    1. Web untuk pencarian halaman situs atau website.
    2. Images untuk pencarian gambar.
    3. News untuk pencarian berita.
    4. xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
    Submit URL : http://www.bing.com/


  • Bing
    Bing merupakan mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu :
    1. Web untuk pencarian halaman situs atau website.
    2. Images untuk pencarian gambar.
    3. News untuk pencarian berita.
    4. xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
    Submit URL : http://www.bing.com/


  • Baidu
    Perusahaan Perseroan Terbatas Teknologi Internet Baidu didirikan pada tahun 1999, bisnis utama pada masa permulaan adalah menyediakan teknologi pelacakan kepada situs web ukuran besar. Satu tahun kemudian, pendiri Baidu Robin Yanhong Li dan Eric Yong Xu memutuskan pembukaan situs web pelacakan profesional independen dengan nama "Baidu". Baidu merupakan Search Engine berbasis bahasa Cina,namun mampu menjadi pioner yang dapat mengalahkan Google dari sisi penggunaannya yang berbahasa cina. Tingkat kunjungannya sangatlah tinggi, hingga melebihi 1 Millyar per harinya.
    Submit URL : http://www.baidu.com/


  • Cuil
    Cuil didirikan dan dikembangkan oleh Anna Patterson bersama suaminya Tom Costello. Anna Patterson merupakan mantan insinyur Google yang keluar dari Google tahun 2006. Anna dan Tom juga dibantu oleh 2 orang mantan insinyur Google, Russell Power dan Louis Monier. Cuil juga didukung oleh dana sebesar $ 33 Juta.
    Dari segi tampilan, Cuil lebih menarik dari Google. Cuil menampilkan format seperti majalah online dan dalam sebuah pencarian akan ditampilkan juga link dan foto yang berkaitan dengan yang dicari tidak seperti Google yang hanya tulisan saja.
    Menurut Anna Patterson, Russell Power, dan Louis Monier, para mantan pegawai Google ini, Cuil tiga kali lebih cepat dibandingkan Google, dan memiliki 120 miliar index halaman, lebih banyak daripada milik Google dan akan terus bertambah dalam beberapa waktu kedepan.. Mereka juga mengklaim, bahwa pengunjung Cuil lebih banyak daripada Google, walaupun tanpa angka yang pasti. Jika Google menggunakan PageRank dalam menilai popularitas suatu web, maka Cuil melakukan analisis dari content per halaman web.
    Submit URL : http://www.cuil.com/

  • Deja News
    Deja News memiliki kekhususan sebagai search engine untuk mencari berita-berita diskusi dengan fasilitas “deja discussion”, rating product dengan fasilitas “deja rating” dan fasilitas “deja communities” dengan data dari usenet, newsgroup maupun posting yang dikirim melalui web.
    Search engine ini sangat membantu bagi yang membutuhkan mencari informasi yang sangat spesifik . Keunggulan lain adalah kemampuannya memberikan informasi yang cukup detil tentang “news reading” dan posting-posting yang dikirim lewat WEB.
    Submit URL : http://www.dejanews.com/

  • Direct Hit
    Situs pencari ini mengintegrasikan URL yang dikirim oleh Anda berikut data popularitas situs Anda. Situs yang sering dikunjungi oleh pengunjung untuk mendapatkan informasi tertentu berada para urutan lebih tinggi dibandingkan situs yang secara terus menerus tidak pernah atau sedikit dikunjungi. DirectHit memberikan pelayanan listing-nya pada AT&T WorldNet (http://www.att.net; http://www.lycos.com , http://www.msn.com , http://hotbot.lycos.com, http://www.go2net.com , dan http://www.looksmart.com .
    Submit URL: http://www.directhit.com/


  • DMOZ (Open Directory)
    DMOZ didirikan pada bulan Juni tahun 1998 oleh Rich Skrenta dibawah nama GnuHoo. Netscape mendapatkan “NewHoo” pada bulan November 1998. Diubah namanya menjadi ODP (Open Directory Project). Rich Skrenta mendirikan Directory Mozilla project (DMOZ) untuk membuat suatu lingkungan yang mendukung yang akan memperbolehkan editor sukarelawan untuk tetap berjalan bersama dengan meledaknya internet. Kerena lebih mengutamakan pada project, tidak ada staff direktori yang boleh mereview, menambah dan mengontrol yang dibuat oleh direktori yang diedit oleh manusia (masalahnya sudah diidentifikasi oleh Yahoo! direktori).
    Sejak saat itu, ODP mulai merebak. Ribuan editor sukarelawan memelihara daftar-daftar website dengan memelihara categori mereka yang sudah terspesialisasi. Sistem ini memperbolehkan orang dengan hobi yang spesifik untuk mengontrol kategori yang memiliki hubungan dimana hal ini merupakan ideologi yang sudah didefinisikan sejak DMOZ sebagai penguasa tunggal direktori pada internet. Sejak lahirnya DMOZ, sudah lebih dari 50.000 editor sukarelawan mulai memberi kontribusi untuk membangun sebuah direktori yang mengandung setidaknya 4 juta websites. Dmoz termasuk yang penomenal dalam Directory search engine karena hampir semua search engine terkenal mengacu pada directory Dmoz. Beberapa Search Engine yang mengacu pada Dmoz diantaranya: Google, Alexa, Yahoo, AOL, Lycos, Teoma, AskJeevess Netscape, Hotbot dan beberapa Search engine yang lain. Yang jelas bayangkan saja jika situs atau blog anda ter-index pada directory tersebut, berbanggalah jika web atau blog anda salah satu yang dipilih dan pantas masuk kategori mereka, karena web atau blog yang pantas masuk merupakan dari suatu proses penyaringan yang sangat ketat. Tidak jarang web atau blog yang mendaftar di tolak bahkan tanpa konfirmasi sama sekali. DMOZ dikenal sebagai salah satu The Best Directory (Top 10 Directory) di dunia Internet Bisnis, para webmaster dan master SEO akan selalu melakukan submit ke directory ini. Open Directory ini sebenarnya bukan Search Engine, melainkan tempat untuk mendaftarkan URL kita ke database.
    Submit URL : http://www.dmoz.org/


  • Excite

Excite didirikan sebagai Architext pada tahun 1994 oleh Graham Spencer, Joe Kraus, Mark Van Haren, Ryan McIntyre, Ben Lutch dan Martin Reinfried, yang semuanya mahasiswa di Universitas Stanford. Excite merupakan peranti pencari yang sangat digemari. Keunggulannya, Excite dapat menerima operasi logika Boolean dalam pencarian data. Operasi Boolean yang disediakan adalah OR, AND dan AND NOT. Jadi Anda dapat mencari dokumen yang mengandung kedua kata "printer dan inkjet" dengan mengetikkan printer AND inkjet pada kolom pencarian Excite. Tanda kurung untuk menyusun tahapan logika Boolean juga dapat dipakai, contohnya: printer and (inkjet or deskjet). Excite juga dapat mencari kata-kata yang dianggap sebagai satu kesatuan dengan mengapit kata-kata tersebut dengan tanda kurung, contohnya "printer inkjet". Merupakah salah satu dari 10 situs pencari utama menurut Mediametrix.com dan nielsen-netratings.com. Jadi kalau situs Anda ingin dikenal maka daftarkan ke situs pencari ini, dan daftarkan ke jaringan excite. Jaringannya juga terdiri dari Magellan Software (http://www.magellan.com) dan webcrawler.com.
Submit URL: http://www.excite.com/


  • Go (Infoseek)
    Go (yang dulunya Infoseek) dikategorikan sebagai salah satu search engine yang dikategorikan baik untuk mengetahui berita – berita terbaru dari “Businesswire”, Reuters, CNN, USA Today dan The New York Times. Selain itu, Go juga memiliki kelebihan direktori yang disusun dengan sistem index yang baik dengan topik-topik yang cukup besar, dibandingkan dengan Yahoo dan HotBot. Go juga memberikan ranking data hasil pencarian sesuai dengan tingkat kebenarannya.
    Submit URL : http://go.com/


  • Google
    Google didirikan oleh dua orang mahasiswa dari universitas Stanford yaitu Larry Page dan Sergey Brind. Mereka mendirikan Google ketika mereka masih kuliah. Perusahaan Google Inc bermarkas di Mountain View, California Amerika Serikat. Kata Google berasal dari kata googol. Kata ini berhasil ditemukan oleh Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner, seorang ahli matematika dari AS. Sorotta membuat istilah googol untuk menyebut angka satu (1) yang diikuti 100 angka nol (0). Googol merupakan kata yang menunjukkan sebuah bilangan yang sangat besar jumlahnya. Bilangan yang melebihi bilangan miliar atau triliun. Dan di alam semesta ini tidak ada benda yang berjumlah hingga googol-an. Tidak itu bintang, tidak itu partikel debu, dan tidak pula atom. Karena itu, penggunaan kata Google merupakan refleksi dari kata googol. Dengan kata tersebut, Google berusaha merefleksikan dirinya sebagai perusahaan yang memiliki misi mengelola sesuatu yang sangat luas dan tak terbatas. Dan itu hanya terdapat pada sunia syber tempat informasi melimpah tanpa batas.
    Domain google.com pertama diregistrasikan pada 15 September 1997 dan kemudian pada tangga 7 September 1998 berdirilah google Inc yang dimulai pada sebuah garasi rumah di daerah Menlo Park, California.
    Saat ini google adalah mesin pencari terbesar dan yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia. Pertumbuhan Google Inc semakin pesat ketika perusahaan ini berhasil membeli beberapa perusahaan antara lain : Pyralab yang merupakan pembuat blogger. Google juga berhasil mengambil alih upstartle perusahaan yang bertanggung jawab untuk prosesor kata online. Teknologi ini yang kemudian digunakan google untuk pembuatan Google Docs & Spreadsheets. Google juga membeli You Tube yaitu situs video online pada tahun 2006, setelah itu google juga mengakusisi jotspot yaitu sebuah teknologi pembuatan wiki.
    Berbagai macam produk & fitur ditawarkan oleh google, antara lain : yang utama search engine ( mesin pencari ), Adword, Adsense, Google News, Google Group, Google Maps, Gmail, Google Video, Google Earth, Google Android, Google Scholar, Google Translate, Google Research, Google code, Blogger, You Tube, dll. Google dikenal luas karena layanan pencarian webnya, yang mana merupakan sebuah faktor besar dari kesuksesan perusahaan ini. Google memiliki milyaran halaman web, sehingga pengguna dapat mencari informasi yang mereka inginkan, melalui penggunaan kata kunci dan operator. Google juga telah menggunakan teknologi Pencarian Web pada layanan pencarian lainnya, termasuk, pencarian gambar, situs perbandingan harga, arsip, interaktif, dan lainnya. Anda patut bangga jika dalam pencarian website anda berada pada posisi teratas Google. Untuk saat ini kepopuleran Google tidak perlu diragukan lagi. Mesin pencari Google menarik perhatian jumlah pengguna Internet yang terus meningkat, yang menyukai desain sederhana dan penggunaannya.
    Submit URL : http://www.google.com/


  • Hotbot
    Hotbot dibangun 20 Mei 1996 dan merupakan produk keluaran Inkomotomi Corporation yang didirikan oleh Eric Brewer dan Paul Gauthier dari Universitas California Berkeley. HotBot dapat mencari dokumen-dokumen dengan format tertentu, misalnya file ActiveX, file audio dan file VRML. Alasan utama pemakai Internet menggunakan HotBot adalah informasinya yang cukup lengkap tentang data perbandingan motherboard maupun prosesor. Uniknya pencarian dapat melibatkan kriteria MUST, SHOULD dan MUST NOT untuk menyaring data yang dikumpulkan.
    Submit URL : http://www.hotbot.com/


  • Looksmart
    Looksmart bukanlah search engine, tapi mempunyai pengaruh besar juga dalam pencarian data di internet. Directori ini berbagi database yang sudah dibuatkan kategorinya berupa link dengan MSN, Home.net, CNN, dan Time Warner. Situs ini merupakan yang termasuk berbayar, untuk itu jika anda mempunyai uang,daftarkan juga ke sini.
    Submit URL : http://www.looksmart.com/


  • Lycos
    Lycos yang merupakan sebuah proyek dari sebuah lab di Universitas Carnigie Mellon, Juli 1994, didirikan oleh Michael Maudlin. Lycos ternyata adalah potongan nama hewan, tepatnya nama laba-laba. Lycos adalah potongan dari nama “Lycosidae”, yaitu nama keluarga laba-laba yang dapat bergerak sangat cepat. Mengapa laba-laba? Karena Lycos menggunakan teknologi “spider” untuk menjelajahi website (jaring-jaring situs). Spider di sini adalah terminologi internet untuk suatu robot program, yang dapat melakukan penyusunan index banyak tempat dengan menjelajahi dan merekamnya satu persatu. Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas.
    Submit URL : http://www.lycos.com/

  • Magellan
    Selain menyediakan sarana pencarian melalui WEB, Magellan juga mempunyai aturan untuk tidak memuat semua data yang bersifat “Adult content”. Semua hasil pencarian dapat di browse menurut topik dan sub-topik dan bila menghendaki review untuk site-site yang dicari dapat dipilih menu “green light site” yang juga dengan memberikan ranking data.
    Submit URL : http://magellan.excite.com


  • MSN
    Mesin pencari ini merupakan mesin pencari pertama yang diciptakan oleh Microsoft dan diluncurkan pertama kali tahun 1998. MSN Search terdiri dari mesin, indeks, dan web crawler. Sejak diluncurkan, mesin pencari ini terus berkembang dan mengalami penyempurnaan. Pada November 2004, Microsoft melakukan upgrade terhadap mesin pencari ini dengan bekerja sama dengan Picsearch khusus untuk menampilkan hasil pencarian gambar. MSN merupakan layanan yang hasilnya dikelola oleh Looksmart.
    Submit URL : http://www.msn.com/


  • Northern Light
    Northern Light merupakan salah satu search engines yang mampu menjelajah dunia WEB dengan detil dengan jumlah 150 juta websites. Keistimewaan lain adalah adanya alternatif informasi melalui “special collection” yang menyediakan 8 juta artikel dari 5.400 journal, buku, majalah dan database yang dapat diperoleh dengan harga rata $1 – $4 / artikel. Karena itu site ini sangat membantu untuk pencarian informasi khususnya bagi kalangan akademis dengan harga yang relatif murah.
    Submit URL : http://www.northernlight.com/


  • RealNames
    RealNames didirikan tahun 1997 oleh Keith Teare Kalau Anda mau, Anda bisa anggarkan sekitar $100 per tahun, Anda bisa buatkan URL Anda dengan keyword sehingga orang langsung masuk ke situs Anda walaupun hanya mengetikkan keyword-nya saja pada browser internet explorer. RealNames juga akan menampilkan situs web Anda apabila seseorang mengetikkan keyword yang telah Anda beli begitu juga pada situs pencari berikut, About.com, AltaVista, Dogpile, MSN, Google, Go, dan LookSmart.
    Submit URL: http://www.realnames.com/

  • Submitxtras
    Bagi Anda yang baru mempunyai blog atau website, dan ingin menjadikannya terkenal diberbagai search engine dunia, Anda bisa mendaftarkannya di sini, karena search engine ini bisa mendaftarkan sampai 1500 Search Engines terkenal yang ada di seluruh dunia.
    Submit URL : http://www.submitxtras.com/


  • WebCrawler
    Akses ke WebCrawler secara relatif lebih cepat karena tampilannya yang sederhana, tidak seperti peranti pencari lainnya yang penuh dengan gambar animasi dan iklan-iklan perusahaan atau sejenis itu. Kehebatan WebCrawler terletak pada pencariannya yang detail, WebCrawler tidak hanya mencari pada judul dan nama URL tetapi juga isi suatu dokumen! Jadi, WebCrawler dapat menampilkan data yang terpendam di dalam suatu dokumen. Operasi logika NEAR dan ADJ dapat dipakai untuk mengurangi jumlah laporan hasil pencarian. Kelebihan lainnya, bila peranti pencari lainnya umumnya mencari pada URL web (http.://) saja, WebCrawler mencari juga pada lokasi Gopher (gopher://), server FTP (ftp://) dan server lainnya selain web. Banyaknya hasil pencarian yang dilaporkan dapat diatur, misalnya 25, 50 atau 100 hasil laporan. Kelemahannya, karena pencariannya detail, waktu pencarian lebih lama dan WebCrawler tidak terlalu sering melakukan update basis datanya.
    Submit URL : http://www.webcrawler.com/


  • Yahoo
    Yahoo didirikan / dirintis oleh David Filo dan Jerry Yang, alumni mahasiswa teknik dari universitas stanford. Ide awal pendirian Yahoo di mulai pada bulan April 1994. Pada awalnya yahoo hanya sebuah bookmark, lalu kemudian berkembang menjadi portal web yang terbesar hingga kini.
    Yahoo semakin berkembang dan dilengkapi dengan berbagai fitur - fitur menarik, antara lain : yahoo mail, yahoo messenger, yahoo group, yahoo 360, dll. Kebesaran perusahaan Yahoo inc pun semakin ditunjukkan dengan mengakusisi / mengambil alih berbagai perusahaan besar lainnya, seperti : Yahoo adalah site pertama yang berusaha mengatalogkan web, menawarkan daftar direktori dari setiap site penting, kemudian terlahir kembali sebagai web portal yang menggabungkan direktori dengan pencarian, berita, IM, e-mail dan jasa-jasa lainnya.
    Awalnya Yahoo bernama “Jerry and David’s Guide to the World Wide Web” dan pada April 1994 diganti menjadi : “Yet Another Hierarchical Officious Oracle” atau disingkat Yahoo!, yang berarti “Satu tempat bertanya segala tahu yang disusun bertingkat dan hirarkis”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar